Apa itu proofreading?

Proofreading adalah proses peninjauan (review) naskah akhir dari sebuah tulisan untuk memastikan konsistensi dan akurasi dalam tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Orang-orang sering menyebutnya dengan istilah cek grammar. Pengerjaan proofreading tidak lah sesederhana “mengecek grammar“, proofreader atau (orang yang mengerjakan proofreading) harus berkonsentrasi penuh membaca teks untuk mencari kesalahan-kesalahan apa yang terdapat dalam teks. Sebuah teks dengan grammar yang bagus otomatis akan lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Jadi, mematiskan teks Anda memiliki grammar yang bagus adalah hal penting yang harus diusahakan. Salah satu usaha yang bisa dilakukan secara mandiri adalah dengan menggunakan Grammarly. Namun, penggunaan software seperti Grammarly tidak memiliki hasil semaksimal melakukan proofreading manual oleh proofreader handal seperti English Repository. 

Dalam konteks ini, proofreading tidak melibatkan perubahan mendalam tidak sama dengan editing. Editing merupakan hal yang lebih mendalam yang seharusnya dilakukan sebelum dilakukan proofreading

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang sengaja menerjemahkan naskahnya asal-asalan, lalu menyerahkan teksnya kepada proofreader untuk dikoreksi, dengan harapan hasil terjemahannya menjadi berkualitas. Hal seperti ini tidak dibenarkan. Untuk memastikan naskah Anda diterjemahkan dengan baik, Anda bisa langsung memakai jasa translate atau penerjemahanTugas seorang proofreader hanya mereview naskah “jadi” yang sudah melalui proses editing. Dapat disimpulkan bahwa proofreading merupakan tahap akhir dari produksi sebuah teks, baik teks akademik maupun non akademik. 

Layanan di English Repository dikerjakan oleh tim dengan lulusan-lulusan S-2 berprestasi yang berpengalaman dalam bidang penulisan, yang tentunya sangat detail dalam menghadapi grammar dan aspek penulisan lainnya. Kami siap membantu finalisasi teks Anda agar menjadi lebih berkualitas. Kami akan memastikan teks Anda bersih dari kesalahan grammar, ejaan, dan tanda baca.

Gunakan jasa proofreading Kami

Jika tertarik menggunakan jasa kami, silahkan hubungi melalui WhatsApp di nomor +6285724832902 atau via email: repositoryenglish@gmail.comMelalui WhatsApp dan email akan dilakukan pemberian info tarif jasa, negosiasi waktu pengerjaan, pengiriman dokumen, serta komunikasi intense jika ada hal yang perlu dijelaskan terkait dokumen yang dikerjakan.

Proofreading adalah